Hasil Resume Ulumul Quran


HASIL RESUME ULUMUL QURAN
Mata kuliah ini dibuat untuk memenuhi tugas mata kuliah Ulumul Quran

Disusun Oleh:
Muhammad Nashih     ( 12140041 )

PRODI PENGEMBANGAN MASYARAKAT ISLAM (PMI A )
FAKULTAS ADAB DAN ILMU BUDAYA
UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA
2013




FOKUS ISI DAN MAKNA AL-QURAN

Nama Sumber
Pengarang                               : T.H.Thalhas
Tempat terbit                           : Jakarta
Tahun terbit                             : 2008
Halaman                                  : xiv+366 halaman
Ukuran                                    :  14,5 cm x 21 cm
ISBN                                       : 978-979-25-3946-2
Penerbit                                   : Galura Pase












A.    Pengertian Al-quran dan nama lain Al-quran
Al-quran  secara etimologi yaitu, berasal dari bahasa Arab yang berarti "bacaan" atau "sesuatu yang dibaca berulang-ulang". Kata Al-Qur’an adalah bentuk kata benda (masdar) dari kata kerja qara'a yang artinya membaca. Sebagaiman terdapat pada ayat 17 dan 18 Surah al.qiyamah:
اِنَّ عَلَيْنَا جَمْعَه وَقُرْانَه . فَإِﺫَﺍ قَرَأْ نَه فَاتَّبِعْ قُرْانَه (القيامة : 17-18)


Artinya :“Sesungguhnya mengumpulkan Al-Qur’an (di dalam dadamu) dan (menetapkan) bacaannya (pada lidahmu) itu adalah tanggungan Kami. (Karena itu,) jika Kami telah membacakannya, hendaklah kamu ikuti {amalkan} bacaannya”.
Kemudian kata ‘’qur’an ‘’ itu dipakai untuk Al-quran yang dikenal sekarang. Adapun definisi Al-Qur’an ialah:’’ kalam Allah SWT.yang merupakan mukjizat yang diwahyukan kepada Nabi Muhammad SAW dan ditulis di mushaf serta diriwayatkan dengan mutawatir, membacanya termasuk ibadah.
Sedangkan menurut Muhammad Ali ash-Shabuni mendefinisikan Al-Qur'an sebagai berikut:
"Al-Qur'an adalah firman Allah yang tiada tandingannya, diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW penutup para Nabi dan Rasul, dengan perantaraan Malaikat Jibril a.s. dan ditulis pada mushaf-mushaf yang kemudian disampaikan kepada kita secara mutawatir, serta membaca dan mempelajarinya merupakan ibadah, yang dimulai dengan surat Al-Fatihah dan ditutup dengan surat An-Nas"
Dengan definisi tersebut di atas sebagaimana dipercayai Muslim, firman Allah yang diturunkan kepada Nabi selain Nabi Muhammad SAW, tidak dinamakan Al-Qur’an seperti Kitab Taurat yang diturunkan kepada umat Nabi Musa AS atau Kitab Injil yang diturunkan kepada umat Nabi Isa AS. Demikian pula firman Allah yang diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW yang membacanya tidak dianggap sebagai ibadah, seperti Hadits Qudsi, tidak termasuk Al-Qur’an.
Nama-nama lain Al-quran
Selain nama lain Al-quran,Allah juga memberi beberapa nama lain bagi Kitab-Nya,seperti:
1.      Al-kitab atau Kitabullah merupakan sinonim dari perkataan Al-quran sebagaimana tersebut dalam Surah Al-baqarah ayat 2 yang artinya:’’ Kitab (Al-Quran ) ini tidak ada keraguan padanya….’’ Dan juga terdapat pada Al-An’am:14
2.      Al –Furqan artinya pembeda ialah yang membedakan antara yang benar dan yang batil. Sebagaiman terdapat dalam Surah Al-furqan ayat 1 yang artinya: ‘’Maha agung Allah yang telah menurunkan al-furqan kepada hambanya agar ia menjadi peringatan kepada seluruh alam’’
3.      Al-dzikra artinya peringatan sebagaiman yang terdapat pada surah al-hijr ayat 9 yang artinya ‘’ sesungguhnya kamilah yang menurunkan al-dzikr’’ dan sesungguhnya kamilah penjaganya’’ .
4.      Al-Mau'idhah (pelajaran/nasihat): QS(10:57)
5.      Al-Hukm (peraturan/hukum): QS(13:37)
6.      Al-Hikmah (kebijaksanaan): QS(17:39)
7.      Asy-Syifa' (obat/penyembuh): QS(10:57), QS(17:82)
8.      Al-Huda (petunjuk): QS(72:13), QS(9:33)
9.      At-Tanzil (yang diturunkan): QS(26:192)
10.  Ar-Rahmat (karunia): QS(27:77)
11.  Ar-Ruh (ruh): QS(42:52)
12.  Al-Bayan (penerang): QS(3:138)
13.  Al-Kalam (ucapan/firman): QS(9:6)
14.  Al-Busyra (kabar gembira): QS(16:102)
15.  An-Nur (cahaya): QS(4:174)
16.  Al-Basha'ir (pedoman): QS(45:20)
17.  Al-Balagh (penyampaian/kabar) QS(14:52)
18.  Al-Qaul (perkataan/ucapan) QS(28:51)
B.     Sikap dan etika berinteraksi dengan Al-qura
Ada beberapa etika yang dituntut dari seorang muslim dalam beriteraksi dengan Al qur’an. Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam berinteraksi dengan Al qur’an:\
1)      Membaca Al qur’an
2)       Mendengarkan bacaan Al quran
3)      Adab membaca Al qur’an
cara berinteraksi dengan al Quran
Interaksi dengan al-Quran tidak berhasil melainkan dengan melaksanakan segala tuntutan atau kewajiban terhadapnya. Menurut Imam Hasan al Banna, kewajiban dan tuntutan yang harus dilaksanakan terhadap Al qur’an ada empat, yaitu ;
1. Meyakini dengan keyakinan yang kuat, tanpa ragu-ragu walau sedikitpun, bahawa tidak ada manhaj yang dapat menyelamatkan kita melainkan manhaj yang bersumber dari Al qur’an. Sistem apapun dalam bidang apapun, jika tidak bersandar pada Al qur’an maka ia pasti akan menemui kegagalan.
2. Menjadikan Al qur’an sebagai teman dan guru dengan kita membacanya bersungguh-sungguh. Janganlah berlalu walau satu haripun tanpa kita membaca al-Quran.
3. Menerapkan adab-adab Tilawah (adab-adab membaca) ketika membaca al-Quran dan adab-adab Istima’ (adab-adab mendengar) ketika mendengar ayat-ayat Al qur’an. Begitu juga, kita hendaklah mencoba sekuat mungkin untuk mentadabbur Al qur’an dan menjadikan diri kita terkesan dengannya.
4. Beramal dengan hukum-hukum yang terkandung di dalamnya.
Sikap dalam berinteraksi dengan Al-quran yaitu: sebelum membaca Al-quran kita harus berwudhu supaya suci dari hadats dan hadits ,kemudian jika kita akan membaca al-quran kita harus diawali dengan membaca basmallah.
C.     Kedudukan,fungsi,dan tujuan al-quran
Kedudukan al-quran yaitu: Al-Qur’an sebagai kitab Allah SWT menempati posisi sebagai sumber pertama dan utama dari seluruh ajaran Islam,baik yang mengatur hubungan manusia dengan dirinya sendiri,hubungan manusia dengan Allah SWT,hubungan manusia dengan sesamanya,dan hubungan manusia dengan alam.
Fungsi Al-Qur’an berfungsi sebagai petunjuk atau pedoman bagi umat manusia dalam mencapai kebahagiaan hidup di dunia dan di akhirat.
Tujuan Al-quran yaitu: untuk di pelajari kandungannya,untuk di jadikan petunjuk dalam beribadah dengan allah.
D.    Kandungan al-quran , Di dalam surat-surat dan ayat-ayat alquran terdapat kandungan yang terbagi menjadi beberapa hal pengertian dari masing-masing kandungan, yaitu sebagai berikut ini :

1. Aqidah
Aqidah adalah ilmu yang mengajarkan manusia mengenai kepercayaan yang wajib diyakini oleh setiap orang. Alquran mengajarkan akidah tauhid kepada kita yaitu menanamkan keyakinan terhadap Allah SWT yang satu yang tidak pernah tidur dan tidak beranak.

2. Ibadah
Ibadah adalah segala bentuk ketaatan yang dijalankan atau dikerjakan untuk mendapatkan ridho dari Allah SWT. Bentuk ibadah dasar dalam ajaran agama islam yakni seperti mengucapkan dua kalimah syahadat, sholat lima waktu, membayar zakat, puasa di bulan suci ramadhan dan beribadah pergi haji bagi yang telah mampu menjalankannya.

3. Akhlak
Akhlak adalah perilaku yang dimiliki oleh manusia, baik akhlak yang terpuji atau tercela. Allah SWT mengutus Nabi Muhammd SAW tidak lain adalah untuk memperbaiki akhlak manusia. Setiap manusia harus mengikuti apa yang diperintahkanNya dan menjauhi laranganNya.

4. Hukum-Hukum
Hukum yang ada di Al-quran adalah memberi suruhan atau perintah kepada orang yang beriman untuk mengadili dan memberikan penjatuhan hukuman pada sesama manusia yang terbukti bersalah.

5. Tadzkir
Tadzkir adalah sesuatu yang memberi peringatan kepada manusia akan ancaman Allah SWT berupa siksa neraka. Tadzkir juga bisa berupa kabar gembira bagi orang-orang yang beriman kepadaNya dengan balasan berupa nikmat surga

6. Sejarah atau Kisah
Sejarah atau kisah adalah cerita mengenai orang-orang yang terdahulu baik yang mendapatkan kejayaan akibat taat kepada Allah SWT serta ada juga yang mengalami kebinasaan akibat tidak taat kepada Allah SWT. Dalam menjalankan kehidupan sehari-hari sebaiknya kita mengambil pelajaran yang baik-baik dari sejarah masa lalu atau dengan istilah lain ikibar.
7. Dorongan Untuk Berpikir
Di dalam al-qur'an banyak ayat-ayat yang mengulas suatu bahasan yang memerlukan pemikiran manusia untuk mendapatkan manfaat dan juga membuktikan kebenarannya, terutama mengenai alam semesta.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel