Digital Library atau Perpustakaan Digital



Pengertian Digital Library
Perpustakaan Digital

A.    Internet
1.      http://id.wikipedia.org/wiki/Perpustakaan_digital
(Diakses pada hari Jum’at, 12 februari 2015 pukul 22:30 WIB.)
Perpustakaan digital (Inggris : digital library atau electronic library atau virtual library) adalah perpustakaan yang mempunyai koleksi buku sebagian besar dalam bentuk format digital dan yang bisa diakses dengan komputer.
2.      https://juansyah.wordpress.com/2013/03/30/pengertian-perpustakaan-digital-digital-library-e-library/
(Diakses pada hari Jum’at, 12 februari 2015 pukul 22:30 WIB.)
Digital Library atau perpustakaan digital adalah suatu perpustakaan yang menyimpan data baik itu buku (tulisan), gambar, suara dalam bentuk file elektronik dan mendistribusikannya dengan menggunakan protocol elektronik melalui jaringan komputer.
Perpustakaan digital atau digital library adalah gabungan ICT(Information and Communication Technology) dengan isi dan program yang dibutuhkan untuk mereproduksi dan mengembangkan layanan yang biasa disediakan oleh perpustakaan konvensional yang berbasis kertas atau material lainnya.
3.      http://beoscang.blogspot.com/2013/04/perpustakaan-digital.html
(Diakses pada hari Jum’at, 12 februari 2015 pukul 22:30 WIB.)
Perpustakaan digital adalah organisasi yang mengelola koleksi informasi berupa tulisan, gambar, dan suara dalam bentuk elektronik dan memberikan pelayanan kepada pengguna dengan mengakses internet lewat media komputer. Jenis perpustakaan digital ini berbeda dengan perpustakaan konvensional yang berupa kumpulan-kumpulan buku tercetak.
Adapun beberapa definisi dari beberapa ahli yang saya dapatkan sebagai berikut:
Ø  William Saffady mendefinisikan perpustakaan digital secara luas sebagai koleksi informasi yang dapat diproses melalui komputer atau repositori untuk informasi-informasi semacam itu.
Ø  James Billington, pustakawan Library of Congress, dalam Rogers (1994), melukiskan perpustakaan digital sebagai sebuah koalisi dari institusi-institusi yang mengumpulkan koleksi-koleksinya yang khas secara elektronik.
Ø   Drobnik dan Monch (dalam Nugroho, 2000) mendefinisikan perpustakaan digital sebagai sekumpulan dokumen elektronik yang diorganisasikan agar mudah ditemukan ulang dan dibaca.
Ø   Association of Research Libraries (ARL), 1995, mendefinisikan perpustakaan digital sebagai berikut:
a.      Perpustakaan digital bukanlah kesatuan tunggal.
b.      Perpustakaan digital memerlukan teknologi untuk dapat menghubungkan ke berbagai sumberdaya.
c.       Hubungan antara berbagai perpustakaan digital dan layanan informasi bagi pemakai bersifat transparan.
d.     Akses universal terhadap perpustakaan digital dan layanan informasi merupakan suatu tujuan.
e.      Koleksi-koleksi perpustakaan digital tidak terbatas pada wakil dokumen; koleksi meluas sampai artefak digital yang tidak dapat diwakili atau didistribusikan dalam format tercetak.
f.       Komariah Kartasasmita mendefinisikan perpustakaan digital sebagai sebuah sistem yang memiliki berbagai layanan dan obyek informasi yang mendukung pemakai yang membutuhkan obyek informasi tersebut melalui perangkat digital atau elektronik.
g.      Romi Satria Wahono mendefinisikan perpustakaan digital sebagai suatu perpustakaan yang menyimpan data baik itu buku (tulisan), gambar, suara dalam bentuk file elektronik dan     mendistribusikannya dengan menggunakan protokol elektronik melalui jaringan komputer. Menurutnya, istilah perpustakaan digital memiliki pengertian yang sama dengan perpustakaan elektronik (electronic library) dan perpustakaan maya (virtual library).
h.      Sedangkan Perez dan Enrech berpendapat bahwa definisi yang tepat dari perpustakaan maya (virtual library) diadaptasi dari visi sebagai berikut: akses jarak jauh dari titik manapun di dunia ini menuju isi perpustakaan dan segala jenis informasi, dengan menggunakan komputer.
B.     Buku
1.      Sulistyo-Basuki. 2010. Materi Pokok Pengantar Ilmu perpustakaan. Jakarta: Universitas Terbuka
Perpustakaan digital merupakan kumpulan materi media campuran dalam bentuk digital yang diatur dan dikelola untuk kepentingan populasi pemakai tertentu, distruktur untuk memudahkan fasilitas akses atau memasuki isi perpustakaan dan dilengkapi dengan alat bantu navigasi ke jaringan informasi global. (hlm.2.45)
2.      Pendit, Putu Laxman dkk. 2007. Perpustakaan Digital: Perspektif Perpustakaan Perguruan Tinggi Indonesia. Jakarta: Sagung Seto.
The Digital Library Foundation  mendefinisan perpustakaan digital sebagai berikut:
Digital library are organizations that provide the resources, including the spesialized staff, to select, structure, offer intellectual access to, interpret, distribute, preserve, the integrity of, and ensure the persistence over time of collections of digital works so that they are readily and economically available for use by defined by community or set of comunities .(hlm.29)
Perpustakaan digital adalah organisasi yang menyediakan sumber daya, termasuk staf khusus, untuk memilih struktur, menawarkan akses intelektual, menafsirkan, mendistribusikan, melestarikan, integritas, dan menjamin presistence koleksi digital, memudahkan dan menghemat penggunaan bagi masyarakat umum ataupun masyarakat komunitas.
3.      Purwono. 20113. Profesi Pustakawan Menghadapi Tantangan Perubahan. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Perpustakaan digital merupakan perpustakaan yang menyimpan informasi dalam bentuk digital atau pemenuhan akan kebutuhan informasi dalam bentuk digital dari sumber-sumber informasi dari luar (eksternal) untuk disebarluaskan kepada pengguna baik yang terdaftar sebagai pelanggan (patron) tertentu maupun komunitas pada umumnya. (hlm.36)

Dari beberapa kesimpulan diatas dapat ditarik garis tengah, bahwa perpustakaan digital itu adalah sebuah perpustakaan yang menyediakan kemudahan akses bagi penggunanya yang didalamnya memiliki sumberdaya staf ahli, yang mempunya berbagai macam model koleksi informasi, diantaranya dalam format file digital, yang dapat diakses dari jarak jauh dengan menggunakan jaringan internet, bisa juga dikatakan bahwa perpustakaan digital itu merupakan sistem perpustakaaan yang  menggunakan  jaringan  internet  serta  perangkat  hardware  dan sofware dalam pengaplikasiannya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel