Penilaian Kinerja Kepala Madrasa (PKKM)
Tujuan PKKM adalah:
- Mengumpulkan informasi untuk pengembangan profesi
kepala madrasah.
- Menyediakan data untuk pengambilan keputusan
terkait kinerja dan penugasan kepala madrasah.
- Meningkatkan kinerja kepala madrasah.
- Menjamin objektivitas dalam pembinaan kepala
madrasah melalui pengukuran kinerja.
- Menyediakan dasar untuk peningkatan promosi dan
karir kepala madrasah.
Manfaat PKKM adalah:
- Kepala madrasah dapat mengetahui kelebihan dan
kekurangan kinerjanya.
- Kepala madrasah dapat menggunakan hasil penilaian
untuk meningkatkan profesinya.
- Kantor Wilayah Kementerian Agama dan Kantor
Kementerian Agama kabupaten/kota dapat menggunakan hasil penilaian untuk
meningkatkan kompetensi kepala madrasah dan pertimbangan penugasan.
- Yayasan atau lembaga pendidikan dapat menggunakan
hasil penilaian untuk pengembangan kompetensi kepala madrasah dan
keputusan penugasan di yayasan/lembaga.
- Direktorat Guru dan Tenaga Kependidikan Madrasah
memperoleh data kinerja kepala madrasah secara nasional.
Dalam PKKM, ada beberapa aspek yang
dinilai, dan setiap aspek tersebut memerlukan bukti fisik berupa dokumen, foto,
atau lainnya.
Jika Anda membutuhkan bukti fisik PKKM 2024 terbaru, Anda bisa mengunduhnya sesuai kebutuhan
A. Usaha Pengembangan Madrasah |
||
NO |
BUKTI FISIK |
|
1.1 |
1 |
1. Bagan/struktur organisasi; notulen rapat yang
berisi keputusan tentang penyusunan struktur organisasi; |
2. Dokumen sosialisasi; dan |
||
3. Daftar Hadir |
||
2 |
1. Dokumen penetapan/pengesahan susunan organisasi
madrasah |
|
2. Rincian tugas setiap personil pada struktur
organisasi madrasah; |
||
3. SOP Personalia; dan |
||
4. Sertifikat |
||
3 |
SOP madrasah |
|
1.2 |
1 |
1. Visi dan Misi madrasah; |
2. Data prestasi madrasah; |
||
3. Data hasil UN 3 tahun terahir; |
||
2 |
1. Bagan/struktur organisasi; |
|
2. SK; |
||
3. Tugas dan fungsi; |
||
4. Terbentuknya KKG/MGMP; |
||
5. Program KKG/MGMP; dan |
||
6. Laporan kegiatan KKG/MGMP |
||
3 |
1. KTSP; |
|
2.
Kalender pendidikan; |
||
3. Perangkat pembelajaran; |
||
4. Penilaian; dan |
||
5. Peraturan akademik |
||
4 |
1. Data prestasi madrasah 1 tahun terahir; |
|
2. Data hasil UN 1 tahun terahir; |
||
3. Dokumen Akreditasi; dan |
||
4. Program Ekstrakurikuler |
||
1.3 |
1 |
1. SK komite madasah; |
2. AD/ART komite madrasah; |
||
3. Program kerja komite madrasah; |
||
4. Laporan kegiatan komite madrasah; dan |
||
5. Dokumen tertulis kerja sama (MUO) |
||
2 |
1. Program kegiatan kerja sama; |
|
2. Foto
kegiatan; |
||
3. Jadwal Kegiatan; dan |
||
4. Sk Penanggung Jawab program |
||
3 |
Laporan kegiatan kerja sama |
|
1.4 |
1 |
1. KTSP; |
2. Kalender pendidikan; |
||
3. Perangkat pembelajaran; |
||
4. Penilaian; |
||
5. Peraturan akademik; dan |
||
2 |
1. Dokumen pengembangan silabus; |
|
2. RPP; |
||
3. RPE; |
||
4. Buku teks; |
||
5. Jurnal mengajar guru; dan |
||
6. Data siswa ( data tabel semua jumlah siswa kelas
X, XI dan XII / VII,VIII dan IX masing2 kelas diambil 3 kelas, lebih bagus
semua data siswa ) |
||
3 |
1. Instrumen penilaian; |
|
2. Kisi-kisi soal; |
||
3. Kumpulan nakah soal; |
||
4. Analisis butir soal; |
||
5. Dokumen analisis hasil belajar siswa; |
||
6. Laporan hasil belajar siswa; |
||
7. Tindak lanjut hasil penilaian; |
||
8. Dokumen pelaksanaan PAS; dan |
||
9. Dokumen pelaksanaan PAT. |
||
4 |
1. Dokumen program kegiatan kesiswaan; |
|
2. Laporan kegiatan kesiswaan; |
||
3. Dokumentasi kegiatan kesiswaan; |
||
4. Laporan kegiatan pembiasaan siswa; |
||
5. Dokumen kegiatan literasi; |
||
6. Data rata-rata hasil ujian 2 tahun terahir; |
||
7. Data prestasi akademik 2 tahun terahir; dan |
||
8. Data prestasi non akademik 2 tahun terahir |
||
1.5 |
1 |
1. Luas memenuhi sesuai standar; |
2. Sarana pendukung lab; |
||
3. Jurnal laboratorium; dan |
||
4. Program Pengembangan Sarpras |
||
2 |
1. Luas memenuhi sesuai standar; |
|
2. Sarana pendukung; |
||
3. Daftar buku induk perpustakaan; dan (Foto scan
buku induk daftar minimal sampul, hal 1,2 tengan dan terakhir yang
menunjukkan semua jenis buku yang ada) |
||
4. Laporan/statistic pengelolaan perpustakaan. |
||
3 |
5. Data/laporan kegiatan usaha madrasah |
|
4 |
1. Instrumen hasil praktek pembelajaran; dan |
|
2. Foto kegiatan praktik |
||
1.6 |
1 |
1. Fasilitas teknologi dan informasi; dan |
2. Sumber daya informasi |
||
2 |
1. Ketersediaan komputer; |
|
2. Jaringan internet; |
||
3. Website madrasah; |
||
4. Alamat email madrasah; dan |
||
5. Pemanfaatan TIK untuk pembelajaran. |
||
3 |
1. Pengelolaan SIM; |
|
2. Fasilitas SIM; |
||
3. Surat tugas pengelola SIM; dan |
||
4. Pelaporan data dan informasi |
||
4 |
1. Pengelolaan SIM; |
|
2. Fasilitas SIM; |
||
3. Surat tugas pengelola SIM; dan |
||
4. Pelaporan data dan informasi. |
||
1.7 |
1 |
1. Jumlah komputer dan LCD yang cukup; |
2. Memiliki jaringan internet; |
||
3. Memiliki web sekolah; |
||
4. Memiliki e-mail madrasah; dan |
||
5. Memanfaatkan TIK untuk adminitrasi madrasah. |
||
2 |
1. Jumlah kompute dan LCD yang cukup; |
|
2. Memiliki jaringan internet; dan |
||
3. Memanfaatkan TIK untuk pembelajaran. |
||
3 |
1. Katalog digital; |
|
2. BSE; |
||
3. Akses internet; |
||
4. Komputer; dan |
||
5. Dokumen aplikasi layanan perpustakaan. |
||
B. Pelaksanaan Tugas Manajerial |
||
NO |
BUKTI FISIK |
|
2.1 |
1 |
1. Dokumen Evaluasi Diri Madrasah (EDM); dan |
2. Dokumen RKJM dan RKT berbasis EDM |
||
2 |
1. visi, misi yang telah ditetapkan oleh Kamad;
dan |
|
2. berita acara dan daftar hadir kegiatan perumusan/
peninjauan kembali dan penetapan visi dan misi. |
||
3 |
1. Program Kerja; dan |
|
2. RKJM dan RKTM |
||
4 |
RKJM dan RKTM |
|
2.2 |
1 |
1. Finggerprint kehadiran kamad; |
2. Daftar hadir pada kegiatan di
madrasah |
||
2 |
Wawancara dengan warga madrasah |
|
3 |
Wawancara dengan warga madrasah |
|
4 |
1. Koleksi buku refrefensi/ ilmu pengetahuan; dan |
|
2. Karya tulis yang diterbitkan atau tidak |
||
2.3 |
1 |
1. Peningkatan KKM; |
2. Hasil UN; |
||
3. Program keunggulan dan inovasi baik akademik
maupun non akademik; dan |
||
4. Data prestasi akademik dan non akademik. |
||
2 |
Suasana lingkungan yang asri, bersih, rindang, aman,
dan menyenangkan peserta didik |
|
3 |
1. Rencana dan laporan pelaksanaan kegiatan
literasi; |
|
2. Dokumen kegiatan pengembangan budaya baca; dan |
||
3. Dokumen/ pajangan hasil karya tulis siswa. |
||
4 |
1. Dokumen penyelenggaran kegiatan kompetisi yang
dimulai dari tingkat madrasah; dan |
|
2. Daftar perolehan piagam, penghargaan, piala,
trofi perlombaan disemua jenjang. |
||
2.4 |
1 |
Program kerja kepala madrasah |
2 |
1. Buku/catatan pembinaan guru dan tendik (notulen
dan daftar hadir rapat pembinaan); dan |
|
2. Laporan kinerja kepala madrasah |
||
3 |
1. Buku/catatan pembinaan guru dan tendik (notulen
dan daftar hadir rapat pembinaan); dan |
|
2. Laporan kinerja kepala madrasah. |
||
4 |
1. Program pelatihan pengembangan profesi guru dan
tendik; dan |
|
2. Laporan pelaksanaan pelatihan pengembangan
profesi guru dan tendik |
||
2.5 |
1 |
1. Buku inventaris; dan |
2. Buku pemeliharaan sarana dan prasarana. |
||
2 |
1. Buku induk perpustakaan; dan |
|
2. Buku/data/grafik layanan perpustakaan. |
||
3 |
1. Daftar infentaris laboratorium; dan |
|
2. Buku/jurnal/ data/grafik layanan laboratorium |
||
4 |
Data fasilitas penunjang wirausaha yang dikelola
oleh madrasah |
|
2.6 |
1 |
1. Dokumen program penerimaan peserta didik baru; |
2. Brosur; dan |
||
3. Data hasil analisis kemampuan peserta didik baru |
||
2 |
Program pengembangan diri peserta didik |
|
3 |
1. Program kegiatan akademik dan non akademik dan
laporan pelaksanaannya; dan |
|
2. Dokumentasi kegiatan. |
||
4 |
1. Program kegiatan pengembangan diri; |
|
2. Dokumentasi kegiatan; dan |
||
3. Data prestasi siswa, guru dan tendik. |
||
2.7 |
1 |
1. Dokumen kurikulum yang berlaku; |
2. SK tim pengembang kurikulum; dan |
||
3. Dokumen penyusunan dokumen kurikulum (daftar
hadir, berita acara, notulen). |
||
2 |
1. Struktur kurikulum; |
|
2. Jadwal pelajaran; |
||
3. Daftar hadir guru; dan |
||
4. Peraturan akademik |
||
3 |
1. Program KKG/MGMP di madrasah; dan |
|
2. Laporan pelaksanaan KKG/MGMP. |
||
4 |
Menelaah ragam metode, media dan sumber belajar yang
digunakan dalam RPP |
|
5 |
1. Program, laporan dan dokumen kegiatan kesiswaan
(kegiatan akademik maupun non akademik); dan |
|
(2) data prestasi akademik maupun nonakademik. |
||
2.8 |
1 |
1. RKJM dan RKTM; |
2. Laporan Keuangan Tahun 2021 (Tahap 1) Tahun 2021 (Tahap 2) Tahun 2022 (Tahap 1) Tahun 2022 (Tahap 2) Tahun 2023 (Tahap 1) |
||
3. Buku Kas |
||
2 |
Studi dokumen RKJM dan RKTM. |
|
3 |
Studi dokumen RKJM dan RKTM. |
|
4 |
1. RKJM dan RKTM; |
|
2. Laporan Keuangan; dan |
||
3. Buku Kas |
||
2.9 |
1 |
Surat masuk dan keluar |
2 |
Administrasi madrasah (akademik, kesiswaan, sarana/prasaran, keuangan,
dan hubungan madrasah dengan masyarakat) |
|
3 |
Administrasi madrasah |
|
4 |
Administrasi pemenuhan 8 SNP madrasah |
|
2.1 |
1 |
SKP yang terukur ( silahkan ditambah yang SKP tahun
2020) |
2 |
Pelaksanaan monitoring dan evaluasi yang sesuai |
|
3 |
Laporan pelaksanaan monitoring dan evaluasi |
|
4 |
Program tindak lanjut berdasarkan hasil monitring
dan evaluasi |
|
C. Pengembangan Kewirausahaan |
||
NO |
BUKTI FISIK |
|
3.1 |
1 |
Program pengembangan kewirausahaan |
2 |
1. Pemanfaatan hasil inovasi dan kreatifitas; |
|
2. Membudayakan hasil inovasi dan kreatifitas;
dan |
||
3. Pengembangan pembudayaan inovasi dan
kreatifitas. |
||
3 |
1. Data Jenis usaha produktif yang dimiki; dan |
|
2. Program pengeloaan dan pendayagunaan hasil
usaha. |
||
4 |
1. Data Jenis usaha produktif yang dimiki; dan |
|
2. Program pengeloaan dan pendayagunaan hasil
usaha. |
||
3.2 |
1 |
1. RPP yang memuat rencana pembelajaran untuk
menumbuhkan keterampilan berpikir dan bertindak kreatif, produktif, kritis,
mandiri, kolaboratif, dan komunikatif; |
2. Hasil kerja dan karya siswa; dan |
||
3. Foto foto aktifitas pembelajaran siswa siswa. |
||
2 |
1. Rencana Pengembangan Madrasah (RPM); |
|
2. Dokumen penanganan permasalahan/ kasus; |
||
3. Dokumen hasil kegiatan sekolah; |
||
4. Dokumen hasil kegiatan; dan |
||
5. Pengembangan madrasah. |
||
3 |
1. Rencana Pengembangan Madrasah (RPM) ; |
|
2. Dokumen penanganan permasalahan/ kasus; |
||
3. Dokumen hasil kegiatan sekolah; |
||
4. Dokumen hasil kegiatan; dan |
||
5. Pengembangan madrasah. |
||
4 |
Rencana Pengembangan Madrasah |
|
3.3 |
1 |
1. Forum komunikasi dengan lembaga pendidikan lain
dan orang tua siswa per tingkat kelas/kelas/ angkatan; dan |
2. Foto foto kegiatan. |
||
2 |
1. Dokumen/foto Pelaksanaan kegiatan; |
|
2. Keikut sertaan dalam lomba lomba pembelajaran/
pendidikan maupun manajmen; dan |
||
3. Prestasi dalam lomba guru, tenaga kependidikan
dan kepala madrasah. |
||
3 |
1. Program inovasi madrasah atau Rencana
Pengenbanagan Madrasah (RPM); dan |
|
2. Laporan target yang sudah dicapai. |
||
3.4 |
1 |
1. MoU dengan pihak lain; |
2. Sister school; dan |
||
3. Kemitraan dengan sekolah lain |
||
2 |
Dokumen kegiatan dan foto |
|
3 |
Melalui studi dokumen kegiatan dan foto |
|
3.5 |
1 |
Laporan yang memuat pelaksanaan dan hasil Program
Pengembangan Unit Produksi Kewirausahaan |
2 |
Laporan memuat pelaksanaan dan hasil Program
Pengembangan Unit Produksi Kewirausahaan |
|
3 |
1. Laporan hasil Evaluasi Program
Pengembangan Kewirausahaan, yang memuat hasil
evaluasi; |
|
2. Program Pengembangan Jiwa Kewirausahaan; dan |
||
3. Program Pengembangan Unit Produksi
Kewirausahaan. |
||
4 |
1. Laporan Hasil Evaluasi Program Pengembangan
Kewirausahaan, yang memuat hasil evaluasi; |
|
2. Program Pengembangan Jiwa Kewirausahaan; dan |
||
3. Program Pengembangan Unit Produksi Kewirausahaan. |
||
D. Supervisi Kepala, Guru dan Tendik |
||
NO |
BUKTI FISIK |
|
4.1 |
1 |
1. Program pengawasan pembelajaran/ supervisi
pembelajaran; |
2. Jadwal pelaksanaan supervisi; dan (3) SK tim
supervisor |
||
2 |
1. Program pengawasan pembelajaran/ supervisi
pembelajaran; dan |
|
3 |
Instrumen supervisi pembelajaran |
|
4.2 |
1 |
Program pengawasan pembelajaran/ supervisi
pembelajaran |
2 |
1. Instrumen supervisi pembelajaran; dan |
|
2. Dokumen laporan hasil supervisi pembelajaran. |
||
3 |
Analisis hasil supervisi pembelajaran |
|
4 |
1. Dokumen hasil analisis dan tindak lanjut
supervisi pembelajaran; dan |
|
2. Program kegiatan workshop/diklat untuk guru. |
||
4.3 |
1 |
Program pengawasan pembelajaran/ supervisi
pembelajaran |
2 |
1. Instrumen supervisi pembelajaran; dan |
|
2. Dokumen laporan hasil supervisi pembelajaran. |
||
3 |
Analisis hasil supervisi pembelajaran |
|
4 |
1. Dokumen hasil analisis dan tindak lanjut
supervisi pembelajaran; dan |
|
2. Program kegiatan workshop/diklat untuk guru. |
||
E. Hasil Kinerja Kepala Madrasah |
||
NO |
BUKTI FISIK |
|
5.1 |
1 |
Melalui studi piagam dan piala prestasi akademik |
2 |
Melalui studi piagam dan piala prestasi non akademik |
|
5.2 |
1 |
Melalui studi piagam dan piala prestasi akademik
pendidik dan tenaga kependidikan |
2 |
Melalui studi piagam dan piala prestasi non akademik
pendidik dan tenaga kependidikan |
|
5.3 |
1 |
Melalui studi piagam, piala, dan laporan kegiatan
lomba akademik yang diikuti |
2 |
Melalui studi piagam, piala, dan laporan kegiatan
lomba non akademik yang diikuti |
|
5.4 |
1 |
Bukti dokumen ijazah kepala madrasah |
2 |
Bukti dokumen sertifikat diklat |
|
3 |
Praktik penggunaan ICT |
|
4 |
Bukti piagam, medali, piala |
|
5 |
Bukti karya ilmiah hasil penelitian bidang
pendidikan |
|
6 |
Bukti dokumen program kegiatan, laporan rapat-rapat
dengan komite madrasah |
|
7 |
Bukti dokumen program kegiatan, perjanjian kerjasama
kemitraan |