Informasi Dalam Kontek Sosial - Media Informasi & Perubahan Masyarakat

Informasi Dalam Kontek Sosial - Media Informasi &  Perubahan Masyarakat

Media Informasi &  Perubahan Masyarakat

New Media & Perkembangannya

·         Informasi ada dimana-mana sadar atau tidak
·         Via 5 indra dikmbangkan via oral, tulis,media ctak, media telekomunikasi, media tlkomunikasi intraktif.
·         McLuhan-p3san m3dia ya m3dia itu sendiri. Setiap media punya pesan masing-masing. Medialah yangg membentuk hubungan masyarakat. Hubungan globalpun jadi ada

Masa Depan MI & Perubahan Sosial

·         Media Info telah mengambil alih funsi sosial
·         Media gak hanya di ruangan. Media interaktif=sahabat manusia. Media menciptakan inetraksi manusia dgn jaringan dan hidup didalamnya.
·         Media penghubung antar pribadi(suara, teks, grafik,musik, animasi, video) ada juga media penyimpan (buku-kertas, kamera, perekam, disk optical dll) ada juga media transmisi (tradisional n modern)               

Media Transmisi

1.      Komunikasi-Media dari orang ke orang (merpati, asap api hingga telepon, fax, sms, email-suara, grafik, teks, musik, animasi, video)
2.      Penyiaran- satu ke banyak orang(teriakan, tifa hingga radio TV, koran, majalah dll)
3.      Jaringan- banyak ke banyak orang

Jaringan

Banyak ke banyak. Juga satu ke banyak, juga satu ke satu. Bentuknya:
1.      Internet bandwith lebar VOD
2.      Komputer (PC, Notebook, media genggam)

Media Baru

Media aroma, media rasa, media sentuhan(Sayling Wen, The future of Media, 2002)

Sosioteknologi

Upaya penggabungan 2 pendekatan teknologi dan sosiologi untuk kepentingan masyarakat.
Multidisipliner : Masyarakat dan teknologi menjadi 1
Teknologi menjadi syarat dalam kehidupan kemudahan. Teknologi = kemudahan di semua bidang. Media massa-semua indra bisa menangkap berita kami.
Teknologi = pencitraan. Masy menata kehidupan based on hukum teknologi. Dan teknologi berkembang berdasarkan konstruksi sosial

Masyarakat Global-cybercomm

·         Telpon, tv, komputer = internet.
·         Masyarakat terbangun via jaringan internet. Email, e-office, e-government, e-commerce, emarket, e-banking, e-education dll.
·         Ciri khas masyarakat menciptakan budaya. Cybercom pencipta mesin, pengguna mesin unttuk mencipta hal-hal baru, pengguna dua2nya.

Ciri Masyarakat (Cklukohn)

·         Sistem peralatan & perlengkapan hidup
·         Mata pencaharian
·         Sistem kemasyarakatan
·         Bahasa
·         Karya komunitas
·         Sistem penyebaran pengetahuan
·         Sistem Reriligi.

Cyberlaw vs Cybercrime

Konsekwensi adanya masyarakat, adanya kriminal. Pencurian-penggunaan account, pembajakan situs, pelanggaran hak cipta, pencemaran nama baik, problem hak membela diri,hoax, eksploitasi perempuan, perjudian, pelecehan anak2,tinakan subversip,penyebaran virus, penyebaran pornografi, erotisme, pornoteks, hak dan kebebasan berekspresi. Indonesia menempati urutan ke 6 –cybercrime.

We Need Cyberlaw

Prinsip-prinsip cyberlaw
·         Rasa aman dan keselamatan
·         Rasa keadilan untuk beraktivitas
·         Melindungi hak-hak intelektual dan material
·         Memberi rasa jera dgn hukuman nyata an maya
·         Dilaksanakan alat canggih

Analisis Program TV

·         Sinetron
·         Talkshow
·         Iklan
·         Reality show
·         Berita
·         Program anak2

Pisau Analisis

Edukatif, informatif, menghibur, pornografi, bias gender, bullying, inspiring, SARA

Facebook

·         Mall/supermarket
·         Jejaring pertemanan –sejajar
·         Whats on your mind?-knl krn fisik or temen
·         Karakter di status 420 karakter
·         Notes : bebas – ngeblog
·         Review, privacy setting, block, hide, unfriend

Twitter

·         Simple –seperti chatting -140 karakter
·         Pertemananan tidak sejajar-fan vs rakyat. Follow
·         Whats happening
·         Block, unfollow, mute
·         Kenal karena satu ide

Etika

·         Think before you post something
·         Apa yg tertulis citra diri
·         Profil jelas (nama, blog, expertise)
·         Dont get too personal (taun lahir, no telp, adress, foto2 n soal pribadi,
·         Jangan berbicara banyak dengan stranger
·         Review dulu sebelum menerima pertemanan

How To Market Your Self

·         Nama jelas, institusi, expertise, prestasi
·         Tulis sesuatu yg inspiring
·         Narsis soal prestasi itu wajib
·         Buat jejajring dengan orang-orang top
·         Jangan takut untuk berdiskusi
·         Bikin kegiatan positif di jejaring


Sumber : Ilmu Perpustakaan_UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta_dra. Labibah Zain, MLIS

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel